ASLI: PENGUMUMAN LOMBA PUISI DAN CERPEN
PANITIA LOMBA
PUISI DAN CERPEN
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AL-ANWAR
Jl. Raya
Gondanrojo – Kalipang Sarang Rembang Jawa Tengah
*59274–'(0356)411122
|
Inilah
update peserta yang telah mengikuti Lomba Puisi 2016 yang diselenggarakan
oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI AL ANWAR SARANG
REMBANG
NO
|
Nama
|
Judul
Puisi
|
1
|
Heti Rahmawati
|
Hal Kecil Itu
“Budi Pekerti, Menghargai”
|
2
|
Bahrianor
|
Keterbatasan
|
3
|
Ani Rochana
|
5 Hari
Setelah Perayaanmu
|
4
|
Adriani Putri
|
Puisi Dar
Masa Depan
|
5
|
Eka Ria Matandong
|
Cahaya Pendidikan
|
6
|
Elfira Agustin
|
Harapan Anak
Bangsa Indonesia
|
7
|
Esti Widya Astute
|
Derita Pelajar
|
8
|
Fatimah Nur Hadi
|
Jeritan Anak
Pemimpi
|
9
|
Hendra Laksana P
|
Hanya Membuka
Jendela Dunia Tak Akan Merubah Dunia
|
10
|
Heppy Ria Mareta
|
Surga Atau
Neraka Si Kecil?
|
11
|
Jeni Retyowati
|
Sepucuk Impian
Di Ujung Dunia
|
12
|
Kafiyatul Fitri
|
Rintiham Metropolitan
|
13
|
Nurma Pandwita Utami
|
Pendidikan,
Nasibmu Kini
|
14
|
Prihantini
|
Semut-Semut
|
15
|
M. Fatkhurrohman
|
Pelantun Ilmu
Negeri
|
16
|
Rohmawati
|
Sekolah Pelosok
Negeri
|
17
|
Haditri Setiawan
|
Bermain Saku
(Korupsi)
|
18
|
Eka Novita
|
Nasib Seragam
Lusuh
|
19
|
Debora Hutagalung
|
Bobroknya Pendidkan
Etika Di Negeri Sang Saka
|
20
|
Deta Asanjaya
|
Budaya Yang
Tak Patut Dilestarikan
|
21
|
Deri Oktaviana
|
Perbaiki Aku
Dengan Sadar
|
22
|
Diana Effendi
|
Pantaskah Aku…
|
23
|
Fahrul Fauzi
|
Ironi Negeri
|
24
|
Hawin Nurhayati
|
Nasib Jiwa Generasi
Bangsa
|
25
|
Hoirul Mas’ud
|
Bibit Alien
|
26
|
Irwan Dimas Anggara
|
Sang Agen
Mobilitas Social
|
27
|
Maharani Qonita
|
Apa Kabar
Siswa?
|
28
|
Nadua Restu Talaumbanua
|
Alangkah
|
29
|
Suyetno
|
Kami Bukan
Anak Tiri Negara
|
30
|
Dinda Amelia
|
Lembayung Intan
|
31
|
Syifa’ Azizah
|
Semangat Ayah
|
32
|
Obby Saputra
|
Transformasi Pendidikan
Abad 21
|
33
|
Dede Nurohim
|
Ilmu Terluka
Di Negeri Ini
|
34
|
Ary Prakasa
|
Pendidikan Humoris
|
35
|
Ahmad Machbub Ubaidillah
|
Duka Pendidikan
Indonesiaku
|
36
|
Dinar Arisandy
|
Kisah Kami
|
37
|
Siti Ririn Mu’tamirah
|
Lika-Liku
Dunia Pendidikan
|
38
|
Achmad Fahmi F
|
Sampai Kapan
Pak Bu?
|
39
|
Maulidia Silvi Nazilah
|
Kami Ada
|
40
|
Alif Kurniawan
|
Seribu Masalah
|
41
|
Aulia Izmi Mayasukma
|
Berikan Kami
Pendidikan Layak
|
42
|
Belinda Ria Agustin
|
Tersenyum Dalam
Tangis
|
43
|
Indah Kartika Sari
|
Akar Negeriku
Yang Tak Sekokoh Akar Negeri Eropa
|
44
|
Ismah Nur Hidayati
|
Tentang Angka
|
45
|
Jeni Ramandani
|
Jangan Tutup
Mata Kami
|
46
|
Lu’ailik Mufidah
|
Temukan Jalanku
|
47
|
Mega Fitria Trisnasari
|
Candu Dan
Lupa
|
48
|
Raju Guntara
|
Pendidikan Berkasta
|
49
|
Riska Herdiyanti Damanik
|
Buku
|
50
|
Rut Gresela
|
Salah Didik
|
51
|
Siti Husnul Fauziyah
|
Noda-Noda
Diatas Pengabdian
|
52
|
Suratih
|
Tawuran
|
53
|
Tri Margo Putro
|
Punah Bibit
Mewangi
|
54
|
Triana Wahyuning Dewi
|
Pendidikan Bukan
Soal Materi
|
55
|
Wulan Alfiani
|
Kepada Biduk
Yang Telah Sarat
|
56
|
Ah. Fajar Kurniawan A
|
Pendidikan,
Bagaimana Keadaanmu Malam Ini?
|
57
|
Fitriana
Kumaratih
|
Bangku Mahoni
Tua
|
58
|
Afifah
|
Si “Hidung Belang”
|
59
|
Ahmad Wildan
|
Kereta Cepat
Yang Tak Sampai Tujuan
|
60
|
Alfi Manzilatul R
|
Daun Kuning
Untuk Negeri
|
61
|
Amy Rahmdita
|
Digit Pekerti
|
62
|
Andriyansyah Bagas W P
|
Izinkan Kami
Berilmu Sebelum Mati
|
63
|
Anggi Robby Yulianto
|
Proyekan Pendidikan
|
64
|
Ayu Tiara Ashar Putri
|
Surge Katanya
|
65
|
Balqis K Nabila
|
Budak Wiyata
|
66
|
Dede Fauzi
|
Cahaya Yang
Tak Sampai
|
67
|
Dzikri Amalia Nurdianti
|
Budak Nilai
|
68
|
Eka Monita
|
Takut
|
69
|
Eka Nur Azizah
|
Hiruk Pikuk
Pendidikan
|
70
|
Ferdian Dwi Cahyo
|
Indonesiaku Kurang
Ajar
|
71
|
Fitriana Eka Styaningrum
|
Kupikir Aku
Harapan
|
72
|
Indah Sari
|
Khilaf
|
73
|
Khoirotunnisa’
|
Katalisku
|
74
|
Lailatul Badtriyyah
|
Lukisan Abu-Abu
|
75
|
Istana Kusumawati
|
Lihatlah Negeriku
|
76
|
M. Sabilul Haq Mardlotillah
|
Anak-Anak
Penerus
|
77
|
Marga Anjar Distiarini
|
Negeri Orang
|
78
|
Mirna
|
Pendidikan,
Beri Kami Kesempatan
|
79
|
Mita Nirmala Sari
|
Problem Pendidikan
Di Indonesia
|
80
|
Namira Risza Pasya
|
Pencarian Yang
Tak Berujung
|
81
|
Nur Aisyah Fitriani
|
Tak Perlu
Khawatir
|
82
|
Nuzulul Fika Aulia
|
Ironika Pendidikan:
Seraut Wajah Dibalik Seragam Putih Abu-Abu
|
83
|
Pradana Deswara
|
Realita
Pengais Ilmu
|
84
|
Qonith Kurinawan Arham
|
Balada Pendidikan
Di Negeriku
|
85
|
Rahmatun Nida
|
Bebas
|
86
|
Regina Bella Rosali
|
Apa Kabar
Pendidikan Indonesia?
|
87
|
Siska Irma Diana
|
Penyakit Pelajar
|
88
|
Siti Nur Annisa
|
Der Traum Und
Die Hoffnung Der Schuelerin
|
89
|
Siti Saodah
|
Masih Teringat
Jelas ‘Tempatku Mengenyam Ilmu’
|
90
|
Eliza Aprilia
|
Ini Indonesia
|
91
|
Trendi Bintang Purnama S
|
Madu Bertepuk
Sebelah Hati
|
92
|
Maria Febri Kristina
|
Mirisnya Pendidikan
Di Negeri Kita
|
93
|
Inarotul Pauziyah
|
Masa Suram
Untuk Buram
|
94
|
Vonnysa Febrinda
|
Pohon Dibalik
Dinding Baja
|
95
|
Rohman Hikmat
|
Moral Yang
Lumpuh Melahap Pelajar
|
96
|
M. Amin Fatullah
|
Buku Berjalan
|
97
|
Asep Anang Mulyana
|
Pena Tak
Bertinta
|
98
|
Yurenda Aurelia Beautyfull
|
Pendidikan Tonggak
Kemerdekaan
|
99
|
Fidia Nur Wahyu Diana
|
Pentingnya Pendidikan
Untuk Masa Depan
|
100
|
Indah Yulia Maulida
|
Bukan Sekedar
Pendidikan, Pendidikan Dan Akhlak Mulia
|
101
|
Sriwulan Purnamasari
|
(Bukan)
Sepeda Oemar Bakrie
|
102
|
Raden Anugrah Perdana
|
Sayatan Krisis
Moral
|
103
|
A Robith Saifun Nawan
|
Kasihan Sekali
Negriku
|
104
|
Syahrunnisa
|
Suratku Untuk
Pmerintah
|
105
|
Sriwatmah
|
Matahari Harapan
|
106
|
Zahro Arifah
|
Wajah Pendidikan
Indonesia
|
107
|
Nurul Hidayah
|
Pendidikan Negriku
|
108
|
Aulia Khalil
|
Dinding
|
109
|
Andy Agusta
|
Rintihan Dari
Timur
|
110
|
Nurul Huda
|
Senja Menetes
Ditanah Hina
|
111
|
Ah Marzuqi Ramadlan
|
Senandung Anak-Anak
Kampong
|
112
|
Inayatur Rahmawati
|
Kompas Tak
Berarah
|
113
|
Aam Priadi
|
Sajak Sebuah
Negri
|
114
|
Anjelina Wahyuni
|
Impian Tanpa
Tongkat
|
115
|
Chrysoprase Thasya A
|
Dibalik Kemajuan
Negara Indonesia
|
116
|
Fanny Farianti
|
Negri Ini
|
117
|
Malik Maulana
|
Para Pemakan
Kacang
|
118
|
M Elmi A
|
Tinta Tak
Berwarna
|
119
|
Rahajeng Aini
|
Hitam Putih
Pendidikan Negriku
|
120
|
Supiani
|
Pendidikan Kita
Masih Terpuruk
|
121
|
A Solahudin
|
Pendidikan,
Mekar (Atau)Makar
|
122
|
Ade Apriliadi Nugraha
|
Belang Pendidikan
|
123
|
Annisa U Afidah
|
Pejalan Mimpi;
Perjalanan Yang Hampir Sekarat
|
124
|
Bayu Prasojo
|
Andai Bung
Karno Tahu
|
125
|
Faris Muslim
|
Jangan Malas
Membaca
|
126
|
Faulia Desi Lebry
|
Semar Berdasi
|
127
|
Geraldi Anugrah Putra
|
Inikah Surge Duniamu?
|
128
|
Gracia Putri P
|
Menagih Janji
Pendidikan
|
129
|
Ika Nurhanifah
|
Cerita Kata
|
130
|
Ilham Nurdian
|
Revolusi Mental
Pendidikan Yang Kesasar
|
131
|
Jainal Rasyidin
|
Do’a Seorang
Murid Sebelum Belajar
|
132
|
Meri Andini
|
Dyslexia
|
133
|
Muh Syahid
|
Dulu Dan Sekarang
|
134
|
Nanda Arta Mevia
|
Golongan Sampah
|
135
|
Nastain Ahmad
|
Senandung Kata,
Tasyrih
|
136
|
Oktariani
|
Aku Tak
Berdaya
|
137
|
Renny Novita Hastuti
|
Angan-Angan
Pendidikan
|
138
|
Ridha Hakim
|
Rinduku Pada
Seonggok Bangku
|
139
|
Roidah Afifah
|
Terbata Mengeja
Indonesia
|
140
|
Rosha Hermawan
|
Pesan Ibu
Dihari Pertama Sekolah
|
141
|
Salma Azizah D
|
Dusta Pendidikan
Abad 21
|
142
|
Siska Rahmawati
|
Penyesalan
|
143
|
Ulya N Rahmah
|
Langit Sekarang
Beda-Bu Dengan Langit 90-An
|
144
|
Weka Nastiti
|
Sajk Pengais
Asa
|
145
|
Yahya Pratama
|
Biang Kerok
|
146
|
Rahmi Vika Ulia
|
Mereka Dari
Pelosok Sana
|
147
|
Tivani Vista
|
Pemandangan Ruang
Ujian
|
148
|
M Nur Syamsi
|
Pendidikan Untuk
Anak Pedalaman
|
149
|
Arni Zakiyah
|
Rintihan Rakyat
Kecil
|
150
|
Laila Kusniah
|
Apa Kabar
Masa Depan
|
151
|
Kania Rahmawati
|
Retaknya Pendidikan
Moral, System
|
152
|
Unifah
|
Surat Duka
Mahasiswa
|
153
|
Yessi Dwi Anggara
|
Negriku Yang
Malang
|
154
|
Andi Ansyah
|
Laku Tak
Sampai
|
155
|
Pupung
Setia Nugraha
|
Aku Seragam
SMA
|
156
|
Adam
Hilal Dwianto
|
Pendidikan
Apa Penjijikan
|
157
|
Irfa
Ilmatun Nafi’ah
|
Negeri
Diujung Sudut
|
158
|
Madihah
|
Karakter?
|
159
|
Muhammad Muammar Hadzafi
|
Pendidikan
Gokil
|
160
|
Ahmad Asror
|
Gelap
|
161
|
Ahmad Darus Salam
|
Kepada Guru
|
162
|
Anggi
Lisnawati
|
Siapa Yang
Salah?
|
163
|
Dewinta Oktaulia
Hamzah
|
Jerit Hati
Anak Buruh
|
164
|
Fitriana Eka Setyaningrum
|
Kupikir Aku
Harapan
|
165
|
Fizzilmi
Dhahila Mansyur
|
Wajah Yang
Terlupakan Dari Dunia Pendidikan
|
166
|
Lutfi
Darwin
|
Bisikan Dari
Meja Kelas
|
167
|
Mardiah
Jusman
|
Kapan Kata
Kami
|
168
|
Diah Ayu Pradewi
|
Melodi
Jalanan
|
169
|
Mochammad Nur Aziz
|
Goblokisasi,
Nak!
|
170
|
Muhammad Fakhriyan
|
Ironi
Pendidikan Negri Ini
|
171
|
Muhammad
Rifaldi
|
Suara Siswa
Perbatasan
|
172
|
Muhammad
Syahid
|
Dulu dan
Sekarang
|
173
|
Rohman
Hikmat
|
Moral yang Lumpuh
Melahap Pelajar
|
174
|
Siska
Irma Diana
|
Penyakit
Pelajar
|
175
|
Neastapa
dalam Bejana
|
|
176
|
Asep
Anang Mulyana
|
Pena Tak
Bertinta
|
177
|
Mu’arifah
|
Pendidikan
Tak Berakhlak
|
178
|
Indah
Yulia Maulida
|
Bukan Sekadar
Pendidikan
|
179
|
Aris Hidayat
|
Setengah Abad
Yang Berlaju Kebelakang
|
180
|
Maulanazandra
|
Sayangilah
Anak Negara
|
181
|
Tanti Laraswati
|
Terheran
Dalam Pertanyaan
|
PENGUMUMAN JUARA LOMBA PUISI DAN CERPEN
YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAI AL ANAWAR SARANG REMBANG 2016
MEMUTUSKAN:
BAHWA NAMA-NAMA DIBAWAH INI MERUPAKAN JUARA 50 BESAR LOMBA PUISI ONLINE PGMI STAI AL ANWAR:
NO
|
NAMA
|
|
1
|
MIRNA
|
|
2
|
KHOIROTUNNISA’
|
|
3
|
ROHMAN HIKMAT
|
|
4
|
ROSNA HERMAWAN
|
|
5
|
MUHAMMAD
RIFALDI
|
|
6
|
SISKA IRMA
DIANA
|
|
7
|
FAULIA DESI
LEBRY
|
|
8
|
AH. MARZUQI
RAMADAN
|
|
9
|
DEDE NURROHIM
|
|
10
|
EKA NOFITA
|
|
11
|
HETI
RAHMAWATI
|
|
12
|
FATIMAH NUR
HADI
|
|
13
|
ANI ROCHANA
|
|
14
|
BAHRIANOR
|
|
15
|
HENDRA
LAKSANA PUTRA
|
|
16
|
M.
FATKHURROHMAN
|
|
17
|
PRIHANTINI
|
|
18
|
HADITRI
SETIAWAN
|
|
19
|
MAHARANI
QONITA
|
|
20
|
DZIKRI AMALIA
NURDIANTI
|
|
21
|
HOIRUL MAS’UD
|
|
22
|
AH. FAJAR
KURNIAWAN AMRIS
|
|
23
|
LU’AILIK
MUFIDAH
|
|
24
|
BALQIS K
NABILA
|
|
25
|
ALFI
MANZILATUL ROHMAH
|
|
26
|
ASEP ANANG
MULYANA
|
|
27
|
SYAHRINNISA F
|
|
28
|
INAYATUR
RAHMAWATI
|
|
29
|
M. ELMI A
|
|
30
|
AH. SOLAHUDIN
|
|
31
|
GRACIANA
PUTRI P
|
|
32
|
RENNY NOVITA
HASTUTI
|
|
33
|
WEKA NASTITI
PRANAYUANTI
|
|
34
|
SITI RIRIN
MU’TAMIROH
|
|
35
|
ANDY AGUSTA
|
|
36
|
NASTAIN AHMAD
|
|
37
|
ELIZA APRILIA
|
|
38
|
QONITH
KURNIAWAN ARHAM
|
|
39
|
ADRIANI PUTRI
|
|
40
|
AFIFAH
|
|
41
|
ALIF
KURNIAWAN
|
|
42
|
DETA ASANJAYA
|
|
43
|
YESSY DWI
ANGGARA
|
|
44
|
SISKA
RAHMAWATI
|
|
45
|
SALMA AZIZAH
DZAKIYYUNNISA
|
|
46
|
TANTI
LARASWATI
|
|
47
|
PUPUNG SETIA NUGRAHA
|
|
48
|
ADAM HILAL DWIANTO
|
|
49
|
AHMAD DARUS
SALAM
|
|
50
|
MU’ARRIFAH
|
PENGUMUMAN JUARA LOMBA PUISI DAN CERPEN
YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAI AL ANAWAR SARANG REMBANG 2016
MEMUTUSKAN:
BAHWA NAMA-NAMA DIBAWAH INI MERUPAKAN 3 BESAR LOMBA PUISI ONLINE PGMI STAI AL ANWAR:
JUARA
|
NAMA
|
JUDUL
|
1
|
ULYA N RAHMAH
|
Langit
Sekarang Beda-Bu Dengan Langit Sembilan-Puluhan
|
2
|
FERDIYAN DWI
CAHYO
|
Indonesiaku
Kurang Ajar
|
3
|
ROIDAH AFIFAH
|
Terbata
Mengeja Indonesia
|
Inilah
Puisi Tiga Terbaik dari Semua Peserta Lomba Puisi:
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
LANGIT
SEKARANG BEDA-BU DENGAN LANGIT SEBILAN-PULUHAN
(Sebuah puisi untuk Ibu Guru Nurmayati dan para Guru di Indonesia
lainnya)
Oleh: Ulya N Rahmah
Alfabet
menari girang di hulu
makharijul-huruf ikut berdansa merajut cakrawala
langit sembilan puluhan beda, Bu
dengan langit-langit sekarang
makharijul-huruf ikut berdansa merajut cakrawala
langit sembilan puluhan beda, Bu
dengan langit-langit sekarang
Langit
90-an berdansa, menari, menampar
tak ada polisi yang ikut beradu memainkan awan!
bahkan burung elang tak berani;
padamu Bu-Guru
menatap bulat bola matamu saja tak berani
apalagi memenjarakanmu, Bu-Guru
tak ada polisi yang ikut beradu memainkan awan!
bahkan burung elang tak berani;
padamu Bu-Guru
menatap bulat bola matamu saja tak berani
apalagi memenjarakanmu, Bu-Guru
Seakan
lampiran langit berbalik
engkau jadi budak-Bu
engkau jadi kacung
engkau dibentak-Bu
bukan yang digugu dan ditiru
jewermu katanya adalah siksa
bentakmu katanya adalah api
mungkin mereka sedang hilang akal-Bu
lupa;
beratnya menggendong anak orang
mengejakan alphabet dan mengulang-ulang makharijul-huruf
mungkin mereka lupa-Bu;
Tuhan dan Nabi mengagungkanmu
engkau jadi budak-Bu
engkau jadi kacung
engkau dibentak-Bu
bukan yang digugu dan ditiru
jewermu katanya adalah siksa
bentakmu katanya adalah api
mungkin mereka sedang hilang akal-Bu
lupa;
beratnya menggendong anak orang
mengejakan alphabet dan mengulang-ulang makharijul-huruf
mungkin mereka lupa-Bu;
Tuhan dan Nabi mengagungkanmu
Langit
90-an beda-Bu dengan langit-langit sekarang
langit sekarang tak punya awan
retak
rendah, dan tak berbudi (Mei 2016)
langit sekarang tak punya awan
retak
rendah, dan tak berbudi (Mei 2016)
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
INDONESIAKU KURANG AJAR
Karya : Ferdian Dwi Cahyo
Karya : Ferdian Dwi Cahyo
Pagi
ini aku ingin pergi
Ingin
ku sobek pagiku yang kerdil
Bercerita
dengan bapakku yang telah mati
Tentang
anakmu yang kurang ajar
Tapi, aku takut bapak tambah mati
Tapi, aku takut bapak tambah mati
Atau
bapak menangis merintih
Lalu
keluar dari kuburan gersang
Mencarut
negeri yang pernah kau perjuangkan
Lihatlah, lihat anakmu yang kurang ajar
Lihatlah, lihat anakmu yang kurang ajar
Tak
ada lagi pemuda yang kau kobarkan
Tak
ada lagi petuah yang kau gemakan
Hanya
materi sejarah yang masih diajarkan
Yang ada pemuda dungu berjiwa preman
Yang ada pemuda dungu berjiwa preman
Yang
ada kabar buruk bocah ingusan
Bocah
yang dirasuki kelamnya birahi
Pemuda
yang mati beradu belati
Oh...ing ngarso tung tulodo
Oh...ing ngarso tung tulodo
Di
koran pemuda bobrok seperti binatang
Di
tv banyak bocah jalang berkeliaran
Oh...ing
madyo mangun karso
Lihat
gadis berbadan telanjang
Lihat
bocah mulut berbusa badan mengejang
Oh...tut
wuri handayani
Oh..bapak,
aku pamit pergi
Pamit
hendak mendulang sisa-sisa
Bangkai
janji di masa lampau
Atau, aku akan ikut
mati bersama-sama disini
Di negeri yang mulai
kurang ajar
Doakan kami
.
.
.
.
.
.
.
.
.
TERBATA
MENGEJA INDONESIA
oleh: Roidah Afifah
Kanak-kanak
malang
Didiamkan,
diacuhkan, ditinggalkan
Ditertawakan
impian
Dikecewakan
pasal kemanusiaan
Pada
pelipisnya mengalir keringat butir-butir jagung
Tapak
kakinya menebal, keras menciumi aspal-aspal jalanan
Terik
dan umpatan membuat kantung perutnya kenyang seharian
Pada
hatinya memendam rindu mendalam akan keajaiban
Keajaiban
tentang dengung kepedulian yang nyata diwujudkan,
bukan
yang menjadi bualan dongen pengantar tidur semalam
Kanak-kanak
malang
Yang
berselimut kardus-kardus kaku
saat
malam menghembuskan napas dingin
Yang
terlelap diiringi lagu kelaparan mancabik hati
Yang
terusir dari emper-emper ruko kala tiba matahari
Duh,..
kanak-kanak malang
Dalam
diam dan lamunya,
Barangkali
sedang terngiang nikmatnya lembar-lembar buku
Sedang
terbayang gurihnya bangku-bangku atau kapur-kapur papan hitam
Sedang
terkhayal betapa tenangnya jika hari ini tidak perlu lagi memikirkan,
adakah
sisa makanan dari tempat sampah restoran yang bisa mengganjal lapar
Duh,
kanak-kanak malang
Sementara
di gedung-gedung tinggi seberang jalan sana
Sekelompok
orang yang katanya menganut paham kemanusiaan,
sedang
menikmati cangkir kopi seharga ratusan ribu rupiah
Bergelak
sampai gigi-gigi emasnya tampak, menantang matahari
Duh,
kanak-kanak malang,
Andaikan
pahlawan tak pernah mati,
Pastilah
hari ini tidak lagi ditemui,
tangis
pertiwi atas kanak-kanak yang kehilangan mimpi
Duh,
kanak-kanak malang,
Andaikan
pahlawan tak pernah mati
Jiwa-jiwa
muda akan tergugah reformasi,
menjamurbumikan
peduli
sampai
tidak ada lagi kanak-kanak yang terbata mengeja ‘In-do-ne-si-a’
Semoga
kita segera menyadari,
Ada
kanak-kanak malang di sudut-sudut persimpangan,
yang
seringkali terabaikan pendidikan
Sarang, 12 Juni 2016
Ketua Panitia, Sekretaris,
M. Izzuddin Aji Pangestu
Mengetahui,
Ketua STAI Al Anwar
Dr. KH. Abdul Ghofur, MA
PENGUMUMAN JUARA LOMBA PUISI DAN CERPEN
YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAI AL ANAWAR SARANG REMBANG 2016
MEMUTUSKAN:
BAHWA NAMA-NAMA DIBAWAH INI UPDATE-AN SEMUA PESERTA LOMBA CERPEN ONLINE PGMI STAI AL ANWAR:
PANITIA
LOMBA PUISI DAN CERPEN 2016
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AL-ANWAR
Jl. Raya Gondanrojo – Kalipang Sarang
Rembang Jawa Tengah
*59274–'(0356)411122
|
NO
|
Nama
|
Judul Cerpen
|
1
|
Arsalna
|
Dendammu Tujukan
Langkah Awal Hijrahku
|
2
|
Elfira Agustin
|
Dengarkanlah Curahan
Hati Anak Bangsa
|
3
|
Jeni Retyowati
|
Suka Duka
Peraih Asa
|
4
|
Kafiyatul Fithri
|
Jangan Kolot,
Ini Indonesia
|
5
|
Deta Brilyanti Asanjaya
|
Prestasi Mengalahkan
Bullying
|
6
|
Dinda Puspa Sari
|
Semangat Generasi
2P
|
7
|
Dede Nurrohim
|
Pendidikan Di
Negeri Kita Sedang Terluka
|
8
|
Syafa’atun Nafidzah
|
Anak Pelangi
|
9
|
Ary Prakasa
|
Nilai Itu
Bisa Dibeli Kok!
|
10
|
Istiana Hamida
|
Buguru Baik
Sekali
|
11
|
Suci Juniartika
|
Bukan Perkara
Dunia, Melainkan Akhirat Perbuatanmu Dirimu Yang Pertanggungjawabkan
|
12
|
Nita Maediana Rusmawati
|
Buku Itu
Penting
|
13
|
Sri Watmah
|
Dibalik Lembaran
Kelam
|
14
|
Andy Agusta
|
Curhat Guru PNS
|
15
|
Nurhayati
|
Ingatkan Aku
Pada Masa Kejayaanku
|
16
|
I Dewa Gede Tantara Tesa Putra
|
Probalima Pendidikan
Dan Perjuangan Tuk Mimpi Yang Ada
|
17
|
Nur Wakiah
|
Keluarga Kecilku
|
18
|
Rilly Retiana
|
Seberkas Cahaya
Dilautan Mimpi
|
19
|
Rizanindi Pitaloka
|
Kesadaran Pendidikan
Yang Terabaikan
|
20
|
Rut Grasela
|
Bullying
|
21
|
Vista Alnia Pratiwi
|
Aku Ingin
Sekolah
|
22
|
Almaila Khoirunnisa
|
Pelangi Ditanah
Kimman
|
23
|
Annista Rahmanda
|
Mukaddimah
|
24
|
Abadi Sanjaya
|
Untuk Yang
Kedua Kalinya
|
25
|
Dyah Fitriana Hidayani Ayu Putri
|
Pergolakan Pendidikan
|
26
|
Eka Mega Wijayanti
|
Kebenaran Yang
Tersemmbunyi
|
27
|
Indah Purnama Sari
|
Salah Siapa?
|
28
|
Ingrid Elvina
|
Mimpi Pendidikan
|
29
|
Ira Yuliasih
|
Surat Mairose
Untuk Pak Mentri
|
30
|
Khoirotunnisa’
|
Tak Sangka
|
31
|
Novia Sari Melati
|
Kisah Kasih
Pelajar Nusantara
|
32
|
Kusuma Dewi Mustikaning Projo
|
Truth
|
33
|
M. Alfarisy
|
Curahan Hati
Ben
|
34
|
Nofi Utari
|
Guru Labuhan Terindahku
|
35
|
Nur Mauli Diana
|
Pupus
|
36
|
Siti Nur Anisa
|
Dehinter Die
Erzaehlung BAD BOY Die Schule
|
37
|
Yulyani Evi Ul-Enja
|
Sepenggal Kisah
Anak Maulafa Kupang Bersekolah
|
38
|
Annisa Fadhila
|
Pelita Di
Angkasa
|
39
|
Ryan Purnomo
|
Mutiara Dalam
Lumpur
|
40
|
|
Sunyi Yang
Dirindukan
|
41
|
Prasetyaningsih
|
Terimakasih,
Jundi Sudah Berusaha Jujur
|
42
|
Ika Sri Handayani
|
Sarjana Yang
Dirindukan
|
43
|
Ilham Rahmat Alam
|
Mimpi Dan
Sebuah Pertanyaan Besar
|
44
|
Sylvia Dewi Ratnaningrum
|
Negeri Pantai
Bumi Pertiwi
|
45
|
Nirmala Dewi
|
Sistem Pendidikan
Indonesia
|
46
|
Mujahidul Aliyah
|
Allah Itu
Maha Adil
|
47
|
|
Bahagia Di
Ujumg Senja
|
48
|
Athirotul Rifqiyah
|
Bukan Zamanku
|
49
|
Avia Maulidina
|
Dari Sudut
Ruangan
|
50
|
Aghina Hasya
|
Arti Sahabat
|
51
|
Ahmad Darus Salam
|
Guru Jaya Dan
Imaginasinya
|
52
|
Ely Yulianti
|
Surat Jaleng
Untuk Sahabat
|
53
|
Fatkhiyatul Azizah
|
Semua Ada
Yang Mencipta
|
54
|
Ika Listya Maharani
|
Arti Kejujuran
|
55
|
Michael Lianto
|
Monopoli
|
56
|
Nessa Septianingsih
|
Sepotog Abdi
Dari Srigonco
|
57
|
Nurmala Sari
|
Lentera Padam
|
58
|
Rosna Hernawan
|
Perkenalan
|
59
|
Siska Rahmiati
|
Penyesalan Tak
Berujung
|
60
|
M. Zainal Arifin
|
Semangat Tanpa
Dukungan
|
61
|
Izzatul Mufidah
|
Patah Harapan
|
62
|
Raih Safitri
|
Berkah Ikhlas
Mengajar
|
63
|
Salisunnisa’
|
Pendidikan Yang
Dirindukan?
|
64
|
Devy Maulidya
|
Inikah Guru
Idaman?
|
65
|
Ariani Zuwita
|
Diambang Pintu…
|
66
|
Nisfulardi
|
Kehancuran Masa
Depan
|
67
|
Arum Hayuning Pangastuti
|
Semangat Belajar
Membawaku Pada Gedung Putih
|
68
|
|
Melukis Jejak
Di Atas Air
|
69
|
Wahyudi Bahtiar
|
3x24 Jamku
|
70
|
Ilmi Nur Aida
|
Yes, You Can
|
71
|
Latifah Amri Rochmah
|
Dinding
Impian
|
72
|
Siti Fatimah Azzahro
|
Pendidikan
Rendah Biaya Tinggi
|
73
|
Tista Apryandani
|
Jangan Tindas
Dia
|
74
|
Adi Putra
|
Sebuah Janji
Untuk Indonesia
|
75
|
Ika Nurhalisah
|
Motivasi
Literasi
|
76
|
Jainal Rasydin
|
Tutur Dan
Kapur
|
77
|
Mira Hadistina
|
Membangun
Masa Depan
|
78
|
M. Nafis Diastriardo
|
Aku (Tidak)
Bodoh
|
79
|
Liswardani Destinada Suketi
|
Sekolah
Dipulau Terdepan, Bukan Berarti Tertinggal
|
80
|
Nur Ridhowati Novitasari
|
Malaikatpun
Tahu
|
81
|
Salma Azizah Zakiyunnisa’
|
Teruntuk Kaum
Agraris Di Negri Agraris
|
82
|
M. Sudrajat Bayangkoro
|
Diorama
Sijago Matematika
|
83
|
Maulidia Silvia Nazila
|
Bukan
Bayangan
|
84
|
Maryamul
Chumairo’ A.M.
|
Sua Kartini
Bangsa
|
85
|
Tanti
LAraswati
|
Ingin Yang
Tersimpan Dalam Diam
|
Sarang,
12 Juni 2016
Ketua Panitia, Sekretaris,
M. Izzuddin Aji Pangestu
Mengetahui,
Ketua STAI Al Anwar
Dr. KH. Abdul Ghofur, MA
PANITIA
LOMBA PUISI DAN CERPEN ONLINE 2016
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AL-ANWAR
Jl. Raya Gondanrojo – Kalipang Sarang
Rembang Jawa Tengah
*59274–'(0356)411122
|
PENGUMUMAN JUARA LOMBA PUISI DAN CERPEN
YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAI AL ANAWAR SARANG REMBANG 2016
MEMUTUSKAN:
BAHWA NAMA-NAMA DIBAWAH INI MERUPAKAN JUARA 50 BESAR LOMBA CERPEN ONLINE PGMI STAI AL ANWAR:
DATA LIMA
PULUH BESAR CERPEN
|
|
NO
|
NAMA
|
1
|
KAFIYATUL
FITHRI
|
2
|
VISTA ALNIA
PRATIWI
|
3
|
IRA YULIASIH
|
4
|
SYAFAATUN
NAFIDZAH
|
5
|
M. DAVID DIAZ
|
6
|
ANNISA
FADHILA
|
7
|
DEDE NURROHIM
|
8
|
INDAH PURNAMA
SARI
|
9
|
MICHAEL
LIANTO
|
10
|
LISWARDANI
DESTINANDA
|
11
|
ELFIRA
AGUSTIN
|
12
|
JENI
RETIOWATI
|
13
|
DINDA PUSPA
SARI
|
14
|
ARI PRAKASA
|
15
|
ISTIANA
HAMIDA
|
16
|
SRI WATMAH
|
17
|
ANDY AGUSTA
|
18
|
RILLY RETIANA
|
19
|
RISANINDI
PITALOKA
|
20
|
VISTA ALNIA
PRATIWI
|
21
|
ALMAILA
KHOIROTUNNISA’
|
22
|
ABADI SANJAYA
|
23
|
EKA MEGA
WIJAYANTI
|
24
|
INDAH PURNAMA
SARI
|
25
|
INGGRID
ELVINA
|
26
|
IRA YULIANTI
|
27
|
YULYANI EVI UL-ENJA
|
28
|
ANNISA
FADHILA
|
29
|
PRASTYANINGSIH
|
30
|
IKA SRI
HARDYANTI
|
31
|
NIRMALA DEWI
|
32
|
MIRA
HADISTINA
|
33
|
AVIA
MAULIDINA
|
34
|
FATHKYATUL
AZIZAH
|
35
|
LISTIYA
MAHANANI
|
36
|
ROSNA
HERMAWAN
|
37
|
SISKA
RAHMIATI
|
38
|
M. ZAINAL
ARIFIN
|
39
|
RAIH SAFITRI
|
40
|
ARIANI ZUWITA
|
41
|
LISWARDIANI
DESTINADA
|
42
|
WAHYUDI
BAHTIAR
|
43
|
ILMI NUR AIDA
|
44
|
LATIFFAH AMRI
ROCHMAH
|
45
|
TISTA
APRIYANDANI
|
46
|
ADI PUTRA
|
47
|
IKA NUR
HANIFAH
|
48
|
JAINAL
RASYIDIN
|
49
|
NOVITA SARI
MELATI
|
50
|
TANTI
LARASWATI
|
NB: UNTUK YANG DIJADIKAN ANTOLOGI PUISI
DAN CERPEN BAGI YANG 20 CERPEN TERBAIK.
Sarang,
12 Juni 2016
Ketua Panitia, Sekretaris,
M. Izzuddin Aji Pangestu
Mengetahui,
Ketua STAI Al Anwar
Dr. KH. Abdul Ghofur, MA
PENGUMUMAN JUARA LOMBA PUISI DAN CERPEN
YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS TARBIYAH PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH STAI AL ANAWAR SARANG REMBANG 2016
MEMUTUSKAN:
BAHWA NAMA-NAMA DIBAWAH INI JUARA CERPEN ONLINE PGMI STAI AL ANWAR:
PANITIA
LOMBA PUISI DAN CERPEN 2016
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AL-ANWAR
Jl. Raya Gondanrojo – Kalipang Sarang
Rembang Jawa Tengah
*59274–'(0356)411122
|
JUARA
|
NAMA
|
JUDUL
|
1
|
KAFIYATUL FITHRI
|
JANGAN KOLOT, INI INDONESIA
|
2
|
VISTA ALNIA PRATIWI
|
AKU
INGIN SEKOLAH
|
3
|
IRA YULIASIH
|
SURAT MEIROSE UNTUK PAK MENTERI
|
Inilah
Cerpen Tiga Terbaik dari Semua Peserta Lomba Cerpen:
.
.
.
.
.
.
.
.
.
JANGAN
KOLOT, INI INDONESIA
OLEH:
KAFIYATUL FITHRI
Apa
yang sedang aku rasakan sekarang? Miris. Benar apa kata orang tua jaman dahulu
semakin tua dunia ini semakin terkikis pula moral manusia masa kini. Namaku
Azizah, aku bukan seorang aktivis yang gemar berkoar-koar di depan rektorat,
bukan pula anak muda yang berambisi menjadi pejabat publik materialistis. Aku
seorang mahasiswi yang saat ini hanya bisa mengelus dada melihat tingkah laku
anak SMA yang kekinian di masanya. Berulang kali explore di Instagram
memperlihatkan kaki mulus para calon alumnus SMA. Iya kupikir calon karena
mereka belum tentu bisa mendengar kata “Selamat Anda lulus” dari kepala
sekolah. Usai menghelat hari terakhir Ujian Nasional, tak luput dari genggaman
mereka sebuah pilox dan boardmarker warna-warni. Untuk apa lagi kalau bukan
menggelar aksi corat-coret di lapangan tengah kota, balapan seenak udelnya, dan hal yang mungkin sedang
hangat diperbincangkan adalah aksi foto para punggawa SMA menggunakan pakaian
seragam serba mini dengan balutan rok panjang yang disobek jahitannya hingga
atas lutut. Gincu sana-sini, peringatan non-muhrim pun tak dapat dihindari,
duh! Alangkah lucunya negeri ini.
Ratusan
bahkan ribuan likers Instagram menjadi incaran para siswa ‘hitz’ atau sekedar
numpang ‘hitz’. Tak luput hujatan dari para commenters mengenai fenomena ini.
Followers mulai menampakkan perubahannya yang mulanya hanya ratusan kini
melonjak dengan imbuhan huruf K dibelakangnya.
Moral
anak bangsa memang tak ada habisnya menghiasi berita. Lalu siapa yang patut
disalahkan?
“Loh
bukannya sekolah mengajarkan anak didiknya untuk bertingkah laku yang baik?”
pemikiran yang logis tapi belum tentu kritis.
Masa
remaja adalah saat dimana seorang anak mencari jati dirinya. Bertingkah sesuai
keingininannya dan menutupi semua gengsinya. Tapi bukan berarti seorang remaja
bisa bebas melakukan itu semua, kodratnya seorang pemuda adalah menjadi
generasi penerus dan pelurus bangsa. Menjunjung nama baik keluarga dan dirinya.
Namun pada kenyataannya hanya segelintir dari mereka yang mampu menunjukkan
prestasi gemilangnya. Sisanya? Lihat sendiri tingkah laku mereka, cium ketek
pacar, foto di perempatan lampu merah, skandal pra kelulusan coret baju mini
tiada henti, dugem pasca Ujian Nasional, dan hal lain yang tidak bisa kutebak
sebelumnya. Sistem pendidikan di Indonesia kurasa sudah cukup baik walau ada
ketidakpemerataan sistem di semua sekolah. Pendidikan moral yang ditanamkan di
Indonesia sudah dibentuk sejak mereka masih duduk di bangku TK. Kembali berkaca
pada diri masing-masing, sudah benarkah pendidikan di negeri kita. Haruskah ada
problematika yang akan terus menerpa?. Moral anak muda bangsa kita memang perlu
dilakukan rehabilitasi.
“Jah,
lu ngomong rehabilitasi kaya pemakai aja”. Gelitik Marcia, teman kuliahku yang
rupanya miris juga dengan situasi pendidikan di Indonesia. Dia memandang bahwa
sistem yang dijalankan pemerintah mengenai proses pendidikan di Indonesia belum
baik.
“Mbak
Jah aku nggak lolos SNMPTN, terus yaapa?”
tamparan keras bagi mereka yang gagal lolos seleksi SNMPTN tahun ini.
Bertebaran ucapan ‘selamat’,’sabar’, dan ‘masih ada jalan lain kok’ diiringi
emoji smile di media social manapun. Next trip is SBMPTN, ujian tulis masuk
perguruan tinggi negeri yang biasanya atau malah pada umumnya barengan dengan
jadwal daftar ulang mahasiswa baru jalur SNMPTN. Dan lagi, bertebaran screencapture formulir SBMPTN di media
sosial yang rata-rata menggunakan caption ‘doakan semoga lancar’. Amin.
Kembali
ke masa dimana H-100 menjelang Ujian Nasional. Para siswa yang awalnya
ogah-ogahan masuk masjid untuk berjamaah, lihat saja masjid sekolah penuh
dengan seragam ber-badge XII. Promo
bimbingan belajar juga mulai menarik massa dari berbagai wilayah. Pesan broadcast berisi ucapan minta maaf juga
tak luput dari perhatianku. Puluhan pesan broadcast
masuk di chat BBM. Bahkan ada beberapa teman yang mulai muak dengan
kebiasaan itu hingga menuliskan personal message ‘bc-an tok’ yang berarti bc(broadcast)
mulu, dan ‘iya udah dimaafin kok’.
Sekali
lagi, duh! Alangkah lucunya negeri ini.
Dimana ada Ujian Nasional disitu ada
kunci jawaban. Sudah tidak asing lagi bukan dengan aktivitas kriminal seperti
ini. Benar-benar merusak moral dan mental anak bangsa. Bagaimana tidak? Mereka
yang bertugas menjadi bandar kunci jawaban di sekolahnya dituntut harus pintar
menyelundupkan barang. Siswa yang membeli dan memakai kunci jawaban juga
terkena dampaknya. Aku yang bersikeras menolak tawaran itu tetap saja
mendapatkan bujuk rayu dari para bandar.
“Lumayan lho satu sekolah dibanderol
tiga puluh juta, kalo dapet klien banyak bisa murah bayarnya” Kata seorang
teman yang tiba-tiba berbisik di telingaku.
“Iya kalau kuncimu valid, kalau
tidak? Good luck guys!” Kalimat yang sempat terlontar saat aku melihat hampir
seluruh teman sekelasku memakai kunci jawaban. Banyak yang mengira aku iri
melihat mereka. Nilai kejujuranmu berawal dari sini. Percayalah suatu saat
nanti ketika hasil itu keluar atas usahamu sendiri, jelek atau baik hasilnya
itu adalah kerja kerasmu dan kau akan bangga mendapatkannya.
***
Halo dunia perkuliahan, dunia yang
penuh dengan birokrasi dan opini, kritik yang cukup cerdik, dan angkatan yang
tentu membanggakan.
Halo
dunia perkuliahan, perangmu dimulai dari sekarang!
Berbicara kuliah tentu tak lepas
dari yang namanya OSPEK. Isu-isu lucu nan menggelitik pun tersiar dan sampai di
telingaku.
“OSPEK
kampus A tiap Sabtu Minggu, mampus dah nggak malmingan” pendapat satu.
“OSPEK
kampus B tiga hari doing tuh” pendapat dua
“Di
kampus C OSPEK nya setahun. Kebayang gak sih dua semester dibentakin terus”
pendapat terakhir.
Haruskah
proses pengenalan kampus dengan cara mengintimidasi mahasiswa baru? Mungkin itu
hanya pandangan mereka yang melihat OSPEK yang terjadi di kampus yang
menghalalkan cara itu. Sisi baik dari sistem ini ada beberapa atau mungkin sudah
banyak aturan mengenai pelarangan OSPEK menggunakan cara fisik. Ini tentu
mengurangi dampak buruk yang terjadi dalam proses pengenalan kampus ini.
Seperti yang sudah diketahui OSPEK telah menimbulkan korban akibat caranya yang
salah. Berkaca dari sistem OSPEK atau pengenalan kampus di Australia, mereka
melakukan hal semacam ini melalui seminar dan workshop di kampus mereka. Dengan
cara praktis mereka melakukan hal itu dan tentunya hasilnya pun lebih baik dari
sekedar main fisik yang marak terjadi di Indonesia.
Mungkin
nilai akademik tidak akan cukup untuk membentuk kepribadian yang baik dan
sesuai dengan harapan bangsa. Hidup tidak monoton mempersoalkan teori dan
angka. Buat hidup lebih dinamis terasa lebih menyenangkan ketimbang berdiam
diri dan rumus dan persoalan yang tak akan mati ditelan dinasti. Senang bukan
berarti mewah, tapi senang akan terbawa dalam jiwa bila semua orang sadar akan
pentingnya pendidikan moral.
Jangan kolot, ini Indonesia. Negeri
yang perlu dibenahi dan dijaga. Bila pendidikan moral yang dibentuk belum
sepenuhnya masuk ke dalam jiwa para pelajar, sudah saatnya kita meluruskan apa
yang salah dan meneruskan yang benar.
Ini secuil kisah. Kisah tentang
dunia pendidikan Indonesia yang akan menjadi evaluasi dan introspeksi diri.
.
.
.
.
.
..
.
.
.
.
.
.
AKU INGIN
SEKOLAH
OLEH: VISTA ALNIA PRATIWI
Kumandang suara adzan
saat subuh membuat mataku tak dapat terpejam kembali. Segara aku bangun dari
tidurku dan beranjak untuk menunaikan kewajibanku sebagai seorang muslim untuk
shalat subuh. Melihat ibuku di dapur membuat kue jajanan yang akan dijual siang
hari nanti sudah menjadi kebiasaanku setiap harinya.
“Sudah shalat Ton?”
tanya ibuku. “Sudah bu, mana yang mau dijual? Apa sudah siap semua?” jawabku
sembari melontarkan pertanyaan kembali pada ibuku. “Iya, nanti kamu jualannya
di samping sekolah saja ya, disana pasti kuenya banyak yang laku. Karena
kemarin ibu dengar-dengar sekolah itu sedang mengadakan porseni, supaya kamu
juga tidak lama-lama jualannya” kata ibuku. “Iya bu” jawabku dengan singkat.
Itulah aku, nama
keseharianku di panggil Tono. Aku hidup di daerah pelosok di Sulawesi Tengah
dengan ibuku, sedangkan ayahku telah lama tiada. Hal ini yang membuatku merasa
memiliki tanggung jawab di rumah kami. Kami hidup dengan sangat kekurangan,
sehingga untuk membantu biaya hidup kami sehari-hari, aku membantu ibuku
berjualan kue yang dibuatnya dikala malam menjelang subuh. Jika aku sekolah,
aku tepatnya duduk di bangku kelas 2 SMP. Sejak tamat SD, aku tidak lagi
melanjutkan sekolahku, dikarenakan masalah biaya. “Untuk makan sehari-hari saja
sudah sangat susah, apalagi kalau aku sekolah” pikirku ketika itu.
Setelah selesai
menyiapkan segalanya, aku berangkat untuk menjajakan kue yang telah dibuat
ibuku. Sesuai pesan ibu, aku pergi ke sekolah dan duduk di samping sekolah
tempat orang berlalu-lalang untuk menawarkan kue yang kujual. Terkadang melihat
semua teman-teman yang selalu setiap pagi pergi ke sekolah membuatku iri.
Karena di lubuk hatiku yang paling dalam, aku ingin sekali merasakan pergi ke
sekolah dan bisa mendapatkan ilmu seperti mereka.
Ketika aku masih duduk
di bangku SD, aku bermimpi untuk menjadi seorang dokter. Entah mengapa, setiap
kali aku melihat orang sakit, selalu terbesit dalam pikiranku untuk membantunya
agar ia bisa sembuh dari sakitnya. Namun, takdir berkata lain. Menjadi seorang
dokter harus melewati tahap pendidikan. Sedangkan aku? Aku tidak bisa
mewujudkan mimpiku karena kewajiban untuk membantu orang tuaku membiayai hidup
kami.
“Hei, aku mau dong kuenya,
dua ribu yah” suara anak laki-laki yang membuyarkan lamunanku seraya menunjuk
pada kue yang ingin dibelinya. “Oh, iya. Nih kuenya”. Kataku sembari memberikan
kuenya. Ia memberiku uang lima puluh ribu, aku bingung. Karena aku belum
memiliki uang kembalian sebanyak itu. “Aduh, kamu tidak punya uang pas ya?”
tanyaku kebingungan. “Tidak punya” jawabnya singkat. Aku kebingungan memikirkan
kembalian yang akan kuberikan padanya. Jualanku saja jika laku semua, tak
sampai sebanyak ini bisa ku dapatkan. “Ya sudah kalau begitu, kamu ambil
saja kuenya. Aku tidak memiliki uang
kembalian” kataku lagi.
Lalu aku pergi membawa
jualanku meninggalkan ia di tempat jualan tadi sambil terus menatapku dengan
penuh kebingungan. Aku pulang ke rumah sambil menjajakan jualan yang belum
habis. Alhamdulillah,jualan ibu telah
habis sebelum aku sampai di rumah. Kulihat ibuku menungguku di depan rumah
dengan penuh harapan jualan yang ku bawa habis terjual. Aku tersenyum pada
ibuku, mamberikan tanda bahwa jualan telah laris terjual. Ibuku membalas senyum
penuh kegirangan.
“Assaalamu’alaikum bu?” kuucapkan salam sembari mencium tangan
ibuku. “Wa’alaikumsalam nak, ayo kita
masuk Ton. Kamu lekas mandi ya, ibu sudah menyiapkan makan untuk kamu. Ada di
meja makan nak.” Kata ibuku. “iya bu, Tono mandi dulu kalau begitu, ini hasil
jualan tadi bu. Bu, tadi ada anak laki-laki yang sebaya dengan Tono beli
kuenya. Tapi, uangnya lima puluh ribu, Tono bingung dengan uang kembaliannya.
Jadi Tono langsung kasih saja kuenya bu, tidak apa-apa kan?” Kataku pada ibuku.
Ibu lalu duduk berlutut di depanku sambil mengusap kepalaku dan berkata, “Iya
nak, tidak apa-apa. Kita juga tidak bisa langsung mengambil semua kembaliannya.
Tindakan mu sudah benar” Kata ibu dengan tenang. Aku pun tersenyum mendengar
ibuku berkata seperti itu.
Keesokan harinya,
seperti biasa aku beraktifitas kembali menjajakan kue buatan ibuku. Aku duduk
di tempat kemarin karena menurutku tempat itu sangat strategis. Sudah dua jam
aku duduk dan lumayan banyak kue yang telah terjual. Tak lama kemudian, ada
suara yang tak asing ku dengar. “Hai, kamu lagi ya. Aku mau dong kuenya tiga
ribu deh. Nih uangnya pas lima ribu, kan kue kemarin aku belum bayar.” Katanya
seraya memberiku uang lima ribu. “Oh, iya. Nih kuenya.” Jawabku sembari memberinya
kue jualanku. “Kamu sekolah disini ya?” Tanyaku lagi. “Iya, kalau kamu sekolah
dimana?” Jawabnya sambil melontarkan pertanyaan lagi kepadaku. “Aku tidak
sekolah, keseharianku membantu ibuku menjual kue. Kamu bukannya sudah masuk
kelas ya?” Jawabku. “Ohh, begitu ya. Ah malas aku masuk kelas. Itu mata
pelajaran yang tidak aku sukai, gurunya galak dan membosankan. Jadi aku bolos
untuk pelajaran ini” Katanya sambil tertawa. “Kamu tidak boleh seperti itu, aku
saja yang ingin sekolah, tidak bisa sekolah karena masalah biaya. Sedangkan
kamu, orang tua kamu mampu loh
menyekolahkan kamu. Jadi kamu harus rajin belajar.”kataku menasehatinya.
Saat sedang
asik-asiknya berbincang, ada seorang anak perempuan yang memangilnya, “Eh,
Ryan, ngapain kamu disitu? Ayo cepat masuk, kamu mau dijemur lagi di lapangan
sambil hormat bendera?” Katanya dengan mengancam Ryan yang akhirnya kuketahui
namanya. “Ah, berisik banget sih kamu. Iya aku pergi sekarang.” Jawab Ryan. Ia
berlari sambil pamit kepadaku dengan malambaikan tangannya padaku sambil
tersenyum. Aku membalas senyum dan lambaian tangannya.
Aku terus menunggu
jualanku habis, setelah itu aku pulang kerumah. Seperti biasa, ibu selalu
menanti kedatanganku di depan rumah kami. Aku menyerahkan hasil yang ku peroleh
hari ini dan mandi lalu beristirrahat. Begitulah keseharianku, setelah tamat SD
aku tidak pernah lagi belajar tentang pelajaran sekolah. Saat aku masih
sekolah, dimalam hari selalu kuperguanakan waktuku untuk belajar.
“Mengapa mereka yang mampu untuk membiayai sekolahnya,
tidak mau belajar dengan sungguh-sungguh? Padahal masih banyak anak-anak di
negeri ini yang ingin sekolah namun mereka tidak bisa melanjutkan sekolah
karena masalah biaya. Kapan aku bisa sekolah?” pikirku. “ada apa nak?” Tanya
ibuku. “tidak apa-apa bu, Tono hanya rindu dengan suasana belajar di sekolah
Tono dulu waktu masih SD.” Jawabku. Dengan sedikit terisak, ibuku menjawab
“Maafkan ibumu ini nak, ibu seharusnya menyekolahkan kamu, tapi kamu malah
membantu ibu berjualan kue.” Tak tega melihat ibuku, aku duduk di samping ibuku
sambil memegang tangannya, “Bu, Tono tidak pernah menyesal membantu ibu untuk
berjualan kue. Ibu tidak pernah salah, ini adalah keputusan Tono bu.” Kataku
lalu memeluk erat ibuku.
Esok hari kujalankan
lagi aktifitasku seperti biasa, kulihat ibuku terseyum padaku saat memberikan
kue buatannya. Aku pamit untuk berjualan lagi. Aku duduk di samping sekolah
yang biasa ku tempati. Lagi-lagi aku mendapati Ryan disana. Ternyata ia
menungguku untuk membeli kue buatan ibuku, “Kenapa lama banget datangnya Ton?” tanyanya padaku. “Kamu yang terlalu cepat
datangnya” jawabku. Ia hanya tersenyum mendengar jawabanku.
Kami berbincang-bincang
dan bercanda bersama. Aku merasa akrab sekali dengan Ryan, dia anak yang pandai
bergaul dan tidak sombong. Terkadang, ia membantuku menjajakan kue jualanku.
Tak lama kemudian, bel sekolah pun berbunyi dan Ryan pamit untuk masuk ke
kelas. Aku kembali sendiri, duduk sambil menjajakan kue jualanku. Saat akan
beranjak untuk pulang, aku dikagetkan oleh Ryan yang datang dan langsung
memukul pundakku. “Eh Ton, sudah laku semua ya kuenya?” tanyanya. “Iya nih, aku
mau pulang. Kamu mau kemana?” tanyaku padanya, karena ia selalu mengikuti
jalanku. “Mau ke rumah kamu. Aku juga mau lah jalan-jalan ke rumah teman aku.”
Jawabnya lagi. Aku hanya mengangguk sambil tersenyum.
Setelah lumayan lama
berjalan, akhirnya kami pun sampai di rumah aku dan ibuku yang sangat sederhana
namun bagiku rumah itu adalah pelindung terbaik yang ada dan hanya satu-satunya
ada di dunia ini. Aku mendapati lagi ibuku menunggu kedatanganku di depan
rumah. Segera aku mencium tangan ibu dan begitu pula Ryan. Ibu sangat senang
melihat aku membawa temanku ke rumah. Ibu lalu menyiapkan makan untuk aku dan
juga Ryan. Sedang aku dan Ryan menunggu di dalam kamarku.
“Oh iya Ton, ini adalah
pelajaran yang kupelajari hari ini.” Katanya sembari memberikan aku beberapa
buku. “Maksud kamu? Emangnya kenapa?” tanyaku bingung. “Kan kamu ingin banget sekolah, tapi kamu ga punya
biaya, jadi mulai sekarang aku akan kasih tau kamu pelajaran yang aku pelajari
setiap harinya dan kalau aku mengerti, aku akan jelaskan sama kamu.” Jawabnya
dengan jelas. “Kamu tidak perlu repot-repot Yan, aku sudah lama tidak belajar
sejak tamat SD, aku tidak tahu apa-apa.” Kataku padanya sembari mengembalikan
buku Ryan.
Namun, ia memberikan
lagi buku itu dan berkata, “Itulah Ton, mengapa kita harus belajar. Kamu
sekarang mungkin belum tahu, tapi kalau sudah belajar kamu pasti akan tahu.
Pokoknya kamu catat semua yang ada dalam buku itu, besok bawa bukunya karena
aku mau pake belajar lagi di sekolah.” Kata Ryan. “Aku `iri sama kamu Ton, kamu mempunyai minat
untuk sekolah dan belajar. Namun, karena biaya kamu tidak bisa bersama kami
ikut bersekolah dan belajar. Aku baru sadar bahwa aku harus bersyukur karena
aku masih bisa sekolah dan aku banyak belajar dari kamu. Jadi, sekarang kita
saling berbagi saja, oke?” tambahnya lagi.
Aku tidak bisa menolak
lagi, sehingga langsung ku setujui. Lalu kami dipanggil ibuku untuk segera
makan. Kami makan bertiga. Aki merasa memiliki keluarga baru dan ibuku sangat
menyukai Ryan, karena ia pandai bergaul. Baru saja bertemu dan berkenalan
dengan ibuku, ia sudah terlihat sangat akrab. Selesai makan, ia pamit pulang
dan berkata bahwa ia akan sering-sering datang di rumah kami. Ryan lalu mencium
tangan ibuku dan pergi. Aku bangga mengenalnya, ia anak yang baik meskipun
diawal pertemuan kami, aku sempat berfikir bahwa ia anak yang acuh dengan
sekolahnya.
Sejak saat itu, Ryan
selalu bersama denganku sepulang sekolah hingga sore hari baru pulang ke
rumahnya. Ia juga selalu menemani dan membantuku berjualan kue dan berbagi
pelajarannya di sekolah. Aku berharap suatu saat negeri ini bisa memberikan
perhatiannya pada anak-anak seperti kami yang tidak bisa bersekolah dikarenakan
masalah biaya. Agar tidak ada lagi anak bangsa ini yang tidak bersekolah. J
.
.
.
.
..
.
.
.
.
.
..
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
SURAT MEIROSE UNTUK PAK MENTERI
OLEH: IRA YULIASIH
Hai, namaku Meirose. Umurku 12
tahun. Aku berasal dari salah satu provinsi di bagian timur Indonesia. Aku
sedang mempersiapkan diri. Besok, pagi-pagi sekali, aku harus terbang ke
Jakarta. Kata Bu Yohana-kepala sekolah sekaligus guru yang akan mendampingiku
selama di sana, aku bersama 33 anak lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia
mendapat undangan dari Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghadiri
seminar teknologi pendidikan di salah satu hotel ternama di ibukota. Bu Yohana
juga berkata bahwa anak-anak yang terpilih adalah anak-anak yang mempunyai prestasi akademis terbaik di daerahnya
masing-masing berdasarkan nilai ujian nasional yang telah dilangsungkan
beberapa waktu lalu. Aku merasa bangga sekaligus gugup. Bangga karena dapat
menjadi perwakilan dari provinsiku, tetapi juga gugup karena aku akan bertemu
dengan siswa-siswa hebat yang mungkin tingkat kemampuannya berada jauh di
atasku.
Aku bergidik perlahan. Kemudian
beranjak dari daun jendela untuk kembali menekuri baju-baju yang belum juga aku
tata. Aku hanya akan berada di Jakarta selama dua hari satu malam. Oleh karena
itu, Bu Yohana mengingatkanku agar tidak membawa terlalu banyak pakaian. Satu
pasang seragam untuk dipakai pada hari pertama, satu pasang baju biasa untuk
tidur malamnya, dan satu pasang pakaian sopan untuk hari kedua. Sisanya aku
hanya membawa alat tulis, peralatan mandi, dan beberapa keperluan pribadi.
Kecuali seragam, aku memasukkan seluruh perlengkapan tersebut ke dalam tas
ransel modalku meminjam dari Ciril. Kata bapak, tas bututku kurang pantas
apabila dipakai untuk bepergian jauh. Karenanya tadi siang dia memberanikan
diri datang ke rumah kepala suku untuk meminjam salah satu tas anak
perempuannya.
Mamak berteriak dari luar kamar,
memanggilku untuk turut bergabung dalam acara makan malam kecil-kecilan. Tadi
siang mamak berjanji untuk mengadakan acara selamatan dengan memasak makanan
kesukaanku dan mengajak berkumpul seluruh anggota keluarga. Sebelum
meninggalkan kamar, aku mengecek kembali barang-barang yang baru saja aku
masukkan. Setelah memastikan tidak ada yang tertinggal, aku segera keluar
menuju dapur yang juga berfungsi sebagai ruang makan. Bapak sudah duduk di atas
dipan, sedang bercengkrama dengan Kak Rero. Si kembar Wena dan Weni sedang
berkejaran di sekelilingnya sembari terkadang bergelayutan di leher bapak untuk
mencari perlindungan. Mamak masih sibuk memasukkan sayur yang mengepul ke dalam
mangkuk. Ketika aku mendekat untuk menawarkan bantuan, mamak malah tersenyum
sembari menggiringku untuk naik ke atas dipan dan menyuruhku untuk makan.
***
Setelah
lebih kurang lima jam berada di pesawat, akhirnya aku dan Bu Yohana tiba di
Bandara Halim Perdanakusuma. Aku sempat mengalami mabuk perjalanan, namun
ketika sudah merasa lebih baik dan siap untuk melanjutkan perjalanan, Bu Yohana
menuntunku untuk bergerak menuju area penjemputan. Betapa bangganya diriku
melihat namaku tercantum di salah satu dari sekian banyak papan yang dibawa
oleh orang-orang. Masih dengan tanganku berada di genggamannya, Bu Yohana
mengarah ke seorang laki-laki berseragam yang tadi memegang papan bertuliskan namaku
di atasnya. Meskipun aku tidak bisa mendengar dengan jelas apa yang mereka
bicarakan karena terlalu banyak suara, aku hanya menurut ketika laki-laki itu
menggiringku dan Bu Yohana menuju salah satu mobil yang terparkir di dekat
pintu keluar bandara.
Rupanya
laki-laki berseragam itu adalah petugas yang bertanggungawab untuk
mengantarkanku dan Bu Yohana ke hotel tempat seminar teknologi pendidikan
dilangsungkan. Selama perjalanan, laki-laki tersebut terus bercengkrama dengan
Bu Yohana. Dia menjelaskan bahwa sudah ada beberapa anak yang datang sejak
pagi, bagaimana hotel tempatnya bekerja sering disewa untuk menggelar berbagai
macam acara penting oleh para pejabat negara, dan lain sebagainya. Namun aku
tidak terlalu tertarik dengan pembicaraan itu, pikiranku sedang takjub sendiri
dengan pemandangan yang sangat jarang aku temui. Gedung-gedung menjulang
tinggi, air mancur dan patung yang gagah berdiri, serta kendaraan mewah yang
melaju ke sana ke mari. Namun belum puas aku terheran-heran, rupanya aku dan Bu
Yohana sudah sampai di tujuan. Setelah diantar ke depan kamar oleh seorang
petugas lainnya, Bu Yohana diberitahu bahwa masih ada waktu dua jam untuk
beristirahat dan menikmati makan siang sebelum acara seminar dimulai pada pukul
13. Karena waktu yang terbatas, Bu Yohana memintaku untuk mencuci muka dan
merapikan pakaian lalu segera turun ke restoran untuk bergabung dalam acara
makan siang.
***
Sesuai
arahan, aku dan Bu Yohana mendekati aula yang dijadikan tempat seminar. Di
kedua sisi dekat pintu, terdapat satu meja berisi berkas-berkas yang perlu
diisi dan meja lain tempat meletakkan kotak-kotak berisi makanan kecil bagi
peserta. Setelah melengkapi lembar administrasi, mendapat kartu tanda pengenal
diri, dan mendapat jatah ‘amunisi’; aku dan Bu Yohana memasuki ruang besar
tempat seminar dilaksanakan. Aku dan Bu Yohana disambut oleh beberapa petugas
berseragam, lalu aku dibimbing untuk mencari tempat duduk dengan namaku
tertulis di sandaran. Rupanya aku mendapat tempat duduk pada barisan keempat.
Barisan depan ditempati oleh orang-orang dewasa berpakaian rapi dan memiliki
jabatan tinggi. Barisan kedua hingga keempat diduduki oleh tiga puluh empat
perwakilan siswa, dan barisan kelima hingga seterusnya diisi oleh para
pendamping seperti Bu Yohana dan tamu undangan lainnya. Di atas panggung, aku
memperhatikan tema seminar yang dicetak dengan huruf-huruf besar “PENGGUNAAN
MODUL MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA”
Jujur
saja aku kurang paham dengan maksud tulisan itu. Aku sempat mendengar
istilah-istilah asing tersebut melalui tayangan televisi di rumah kepala suku.
Tetapi aku memang tidak pernah menanyakan artinya pada siapapun karena aku
yakin orang-orang di sekitarku pun tidak ada yang tahu. Aku ingin bertanya
kepada Bu Yohana, tetapi dia berada pada jarak yang cukup jauh dari tempatku
berada. Akhirnya aku memberanikan diri untuk bertanya pada salah satu siswa
perempuan yang duduk di sebelahku.
“Hai,
namaku Meirose, aku dari daerah timur. Kamu paham arti dari Modul Multimedia
Interaktif?”
“Hai,
aku Celine dari daerah barat. Aku juga tidak paham. Tetapi sebentar, aku cari
dulu di Wikipedia”.
Widia…
Wikia… Pedia… Wikipedia? Apa itu Wikipedia? Dalam hati aku bertanya-tanya.
Namun belum sempat kembali membuka suara, anak berkacamata itu sudah
mengeluarkan sebuah alat lalu mengusapkan ujung-ujung ibu jari di atas
layarnya. Mungkin inilah yang disebut dengan handphone berteknologi touch
screen, aku pernah melihat iklannya di televisi. Beruntung sekali Celine,
masih kecil tetapi sudah memiliki alat komunikasi canggih. Di tempatku, hanya
ada beberapa orang yang memiliki handphone, itu pun yang tombol angkanya
masih sangat keras dan berbunyi ‘tek tek tek tek’ apabila ditekan.
“Ini
dia. Ada beberapa penjelasan mengenai Modul Multimedia Interaktif, yaitu…”
Pembicaraanku dan Celine seketika
terhenti karena para pewara mulai mengucapkan salam sebagai tanda dimulainya
rangkaian acara. Aku mengikuti semuanya dengan gembira. Mulai dari menyanyikan
lagu kebangsaan Indonesia Raya, menyimak sambutan dari panitia penyelenggara
acara, dan pembukaan dengan pemotongan pita. Pembawa acara sempat mengumumkan
bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tidak dapat hadir siang ini dan baru
bisa bergabung esok hari ketika acara penutupan dilangsungkan. Aku sempat
merasa kecewa. Salah satu motivasi terbesarku untuk datang ke Jakarta adalah
ingin segera bertemu dengan Pak Menteri dan bersalaman dengannya. Tetapi
rupanya aku harus rela menunggu hingga hari kedua.
Tidak selang berapa lama, acara
inti pun dimulai. Seorang laki-laki paruh baya berpakaian batik berdiri dari
salah satu bangku yang terletak di deretan paling depan. Setelah memberi salam
hormat kepada beberapa rekannya, dia beranjak ke bagian belakang podium untuk
mengambil mikrofon. Seorang operator mulai menurunkan layar dan mengarahkan
cahaya proyektor agar presentasi yang akan disampaikan dapat terlihat jelas
oleh para peserta. Baru kali kedua aku melihat kesibukan semacam ini.
Sebelumnya, persiapan yang sama aku temui ketika sekolah sedang mengadakan
pertemuan bagi orang tua siswa kelas VI dalam rangka persiapan ujian nasional 3
bulan yang lalu. Itupun tidak secanggih ini. Sekolah masih menggunakan komputer
tabung yang merupakan sarana teknologi satu-satunya. Proyektornya juga tidak
secanggih ini, cahayanya pun hanya dipantulkan ke bagian dinding yang kosong.
Aku cukup tegang sekaligus penasaran dengan isi seminar yang akan disampaikan.
…Selamat siang. Salam sejahtera
untuk kita semua. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya…
Setelah menuntaskan sesi
pembukaan, pada akhirnya aku tahu bahwa orang tersebut merupakan Wakil Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan. Tanpa dikomando, hampir semua anak di sekelilingku
mulai mengeluarkan buku catatan dan alat tulisnya. Aku turut melakukan hal yang
sama. Beberapa anak mulai mencorat-coret buku catatannya, sepertinya mereka
sedang menuliskan hal-hal yang dianggap penting. Aku berusaha keras untuk
memfokuskan diri, siapa tahu aku bisa menemukan poin krusial yang bisa aku
tuliskan di buku catatan seperti teman-teman.
…jadi peer-teaching merupakan
metode yang sangat tepat untuk dterapkan di sekolah dasar karena dengan begitu
para siswa telah terdidik untuk melakukan self-learning sejak dini. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan oleh Profesor…
Tiba-tiba aku merasa gugup, pena
di tanganku mulai basah terkena keringat. Aku belum pernah mengikuti seminar
sebelumnya, aku tidak tahu apa yang harus aku cantumkan di buku catatan. Aku
menengok ke kanan dan ke kiri. Semua anak fokus memperhatikan materi yang
sedang disampaikan oleh penyaji sembari mengangguk sekali-kali tanda mengerti.
Aku jadi heran. Kalau mereka paham, mengapa aku tidak? Jangankan terekam di
dalam memori, justru banyak sekali istilah-istilah asing yang tidak aku
mengerti.
…dan pemerintah sedang berproses
untuk membuat beberapa website pedidikan yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh
para siswa sebagai suplemen pembelajaran. Situs-situs tersebut dapat diakses
dengan mudah melalui jaringan internet yang tersedia di komputer sekolah…
…seperti sekolah-sekolah di luar
negeri. Sistem pendidikan di sana…
Materi sudah selesai disampaikan
tetapi aku masih saja belum paham. Namun pikiran itu segera menghilang ketika
acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan titipan dari Pak Menteri
kepadaku dan ketiga puluh tiga perwakilan siswa terbaik dari seluruh provinsi
di Indonesia. Dan sebelum menutup seminar, bapak wakil menteri memberi tugas
kepada anak-anak tersebut untuk menulis surat yang berkaitan dengan kesan-kesan
ketika mengikuti kegiatan ini. Besok pagi, surat-surat tersebut akan
dikumpulkan untuk selanjutnya diserahkan langsung kepada Pak Menteri.
***
Saya kurang paham dengan materi
yang disampaikan oleh wakil Bapak. Ketika wakil Bapak menjelaskan tentang
komputer dan internet, apakah Bapak akan mengirimkan bantuan perangkat tersebut
kepada sekolah kami? Ketika wakil Bapak menjelaskan tentang fasilitas
sekolah-sekolah di luar negeri, apakah Bapak akan membantu memperbaiki ruang
kelas kami kurang layak huni? Jika iya, saya akan sangat bersyukur. Saya akan
memberitahu teman-teman di sana bahwa Indonesia mempunyai Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan yang dermawan dan murah hati.
Tidak lupa saya berterimakasih
karena telah mendapat penghargaan berupa uang pembinaan, alat tulis, dan tas
sekolah. Mamak dan bapak di rumah pasti bangga dengan saya. Nantinya uang
pembinaan tersebut akan saya gunakan untuk mendaftar ke sekolah lanjutan di
kota. Saya juga berterimakasih karena Bapak telah memberikan saya sepatu baru.
Sepatu lama saya penuh jahitan karena sudah terlalu sering digunakan. Oleh
karena itu agar tidak cepat rusak, sepatu pemberian Bapak itu akan saya simpan
di rumah dan hanya akan saya pakai di acara-acara penting. Nantinya saya akan
berjalan ke sekolah dengan menggunakan sandal saja. Sayang kalau setiap hari
sepatu pemberian Pak Menteri harus terkena lumpur sawah dalam perjalanan saya
ke sekolah.
Meirose, dari timur Indonesia
Waktu sudah menunjukkan pukul 23,
ngantuk berat mulai menggelayuti mata. Tanpa merasa perlu dibaca ulang, aku
segera melipat dan memasukkan artikel karanganku itu ke sela-sela buku catatan.
Kemudian aku menyeret tubuh ke kasur, memposisikan diri di samping Bu Yohana
yang sudah lebih dahulu lelap tertidur. Aku tersenyum mengingat pengalaman
siang ini. Ada letupan-letupan kecil yang menandakan aku tidak sabar untuk
menanti hari berganti. Tetapi sekarang aku harus mengistirahatkan diri karena
besok aku akan memberikan surat ini kepada Pak Menteri.
Sarang,
12 Juni 2016
Ketua Panitia, Sekretaris,
M. Izzuddin Aji Pangestu
Mengetahui,
Ketua STAI Al Anwar
Dr. KH. Abdul Ghofur, MA
selamat malam. mohon maaf saya ingin menanyakan perihal sertifikat apakah dikirim melalu email atau diposting melalui blog ini?? terimakasih
BalasHapus