PERAN PENDIDIK PGMI

Kerennya  Peran Pendidik dari PGMI
Oleh : Aji Pangestu
            Memajukan sebuah bangsa dari yang hanya menyandang status “Negara Berkembang” sungguh tak mudah. Apalagi hanya gembar-gembor belaka yang tak kunjung terealisasi oleh mereka yang justru pada bidangnya. Negara maju adalah sebuah impian, apalagi bagi kita umat Islam. Menginginkan negara yang sinkron dengan hukum agama Islam (Walau hampir tak mungkin terjadi dengan negara kita yang berasaskan Bhineka Tunggal Ika, dan berideologi Pancasila).       Perpecah belahan ideologi dalam kesatuan gagasan adalah awal dari permusuhan yang tak kunjung reda dari banyaknya fenomena yang terjadi, maka tak ayal jika pertengkaran terjadi dimana-mana. Mengaku saudara tapi tak pernah saling sapa, mengaku saudara tapi acuh tak acuh jika bertemu.
            Bagaimana dengan problem bangsa yang sekarang ini? Sudah kalian tahu bahwa kasus korupsi, kasus moral dan berbagai kasus pemikiran kontradiktif  sudah bertebaran di sekeiling kita. Krisisnya Akhlak dan Keegoisan diri menjadi tonggak utama berkembangnya problem-problem bangsa.
            Inilah yang saya maksudkan pentingnya peran pendidik jebolan PGMI, seorang guru atau pendidik di Madrasah Ibtidaiyah, bermodalkan ilmu agama dan kejuruan dibidang mendidik sangat diharapkan sekali dan begitu menjanjikan. Yang mana anak MI itu diajarkan tentang dasar ilmu seperti PAI, analogika, dan dasar dari sebuah perilaku interaksi dengan sesamanya. Tentu semua itu tak akan lepas dari pendidikan akhlak (salah satu problem bangsa). Maka peran mendoktrin anak-anak untuk menjadi pribadi yang mantap dan berkualitas ialah sangat diperlukan. Demi menciptakan kesejahteraan pada kelanjutan generasi dan mencegahnya terbentuk jati diri yang menyimpang.

            Sebuah tugas mulia diberikan kepada para pengajar dan amanat yang akan berjasa besar bagi masa yang terus berputar membentuk revolusi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEKANISME LOMBA PUISI DAN CERPEN SEINDONESIA

DIMENSI KEMUKJIZATAN AL-QUR’AN